Sulitnya QoS Manajemen pada MANET

Setelah bacanya, ternyata manajemen QoS pada MANET itu jauh lebih sulit ketimbang manajemen pada jaringan berkabel. Ada beberapa alasan mengapa bisa terjadi demikian.

MANET sangat berpengaruh terhadap interferensi gelombang radio. Karena gelombang radio sejatinya adalah gelombang yang bisa di belokkan, melemah, dan memiliki jarak jangkau yang terbatas. Interferensi gelombang merupakan penggabungan dua gelombang yang berinteraksi pada suatu ruang. Hasil dari interferensi ini bisa saja menguntungkan dan bisa juga merusak gelombang itu sendiri.

Interferensi akan menguntungkan apabila gelombang yang berinteraksi adalah sejenis, namun apabila gelombang yang berinteraksi tidak sejenis, maka akan mengacaukan gelombang itu sendiri.

Hampir sebagian besar Routing QoS menggunakan bandwidth sebagai parameter untuk mengukur tingkat kualitas layanan. Jadi untuk menentukan arah routing yang dituju, diperlukan informasi bandwidth yang tersedia pada setiap node.

Karakteristik MANET merupakan low capacity time-varying resource. Artinya , kapasitas bandwidth akan berkurang drastis pada saat koneksi accepted di jaringan. Penelitian yang dilakukan oleh Dang-Quan Nguyen dan Pascale Minet menunjukkan bahwa terdapat penurunan bandwidth berdasarkan waktu.


Pada Ad Hoc Network, keterbatasan kapasitas bandwidth membuat kesulitan dalam mengatasi aliran data yang banyak. Sehingga untuk mengefisienkan Admission Control haruslah memiliki perhitungan estimasi yang baik. Semakin tepat perhitungan estimasi bandwidth maka akan semakin efisien kontrol admisi tersebut.

Kemampuan masing-masing node yang dapat bergerak (mobile) membuat penanganan QoS menjadi lebih kompleks.

Selanjutnya kita bisa melihat media akses protokol IEEE 802.11b tidak determistik, sehingga tidak ada jaminan untuk QoS yang baik. Sedangkan IEEE 802.11e yang berhubungan langsung dengan QoS juga tidak menjamin akan memberikan prioritas tertinggi pada paket sekalipun dalam kondisi idle.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: