Perlunya Kualitas Layanan pada MANET

Pada postingan sebelumnya saya sempat membahas sedikit tentang Mobile Ad Hoc Network (MANET) sebisa kemampuan saya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, MANET adalah kumpulan beberapa perangkat mobile (mobile phone atau laptop) yang saling berhubungan dan membentuk sebuah jaringan kecil untuk tujuan tertentu. Keunggulan MANET adalah kebebasan setiap perangkat untuk berpindah-pindah, karena perangkat tersebut saling terhubung menggunakan jaringan wireless (nirkabel).

Dari mekanisme tersebut, maka muncullah wacana tentang kompleksitas mekanisme aliran data yang dikirimkan menggunakan MANET, salah satunya adalah kualitas layanan (Quality of Service) pada jaringan ini.

Kualitas layanan sangat diperlukan untuk tipe jaringan ini, mengingat media komunikasi antar perangkat menggunakan gelombang radio yang mudah dibiaskan. Makanya MANET memiliki karakteristik yang berbeda dengan tipe jaringan kabel. Misalnya tipe dan volum dari informasi yang ditukarkan/ditransmisikan, periode berinteraksi sesama perangkat, dan waktu antar-kedatangan paket dan lain-lain. Begitu juga dengan kebutuhan QoS (Quality of Service). Oleh karena itu, standar pemrosesan paket yang ada tidak cukup memadai.

Beberapa alasan yang membuat manajemem QoS pada MANET jauh lebih sulit dibandingkan dengan jaringan berkabel, antara lain :

  1. Radio Interference
  2. Limited Resource
  3. Efficient Admission Control
  4. High Dynamicity

     
     

Penjelasan tentang hal2 di atas akan saya coba ulas pada kesempatan berikutnya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: