Mobile Ad Hoc Network (MANET)

Sempat saya membaca-baca artikel tentang QoS. Hampir sebagian besar artikel tentang QoS yang saya baca berhubungan dengan Mobile Ad Hoc Network (MANET). Sebagai seorang yang baru dibidang jaringan, istilah ini masih baru oleh saya. Saya tidak tahu juga apakah istilah ini telah dikenal oleh orang jaringan atau tidak. Akan tetapi istilah ini sangat menarik untuk dibaca. Apalagi MANET sangat berhubungan dengan perangkat mobile yang telah dikenal di masyarakat.

Lalu apa itu MANET? Saya akan coba paparkan sebisa kemampuan pemahaman saya. Saya juga membutuhkan banyak referensi tentang MANET ini, sehingga tulisan ini seutuhnya adalah rangkaian defenisi dan penjelasan dari beberapa artikel yang saya baca.

Mobile Ad Hoc Network (MANET) dirancang untuk perangkat mobile untuk berkomunikasi. Perangkat mobile berkomunikasi menggunakan jaringan wireless (nirkabel). Setiap perangkat mobile (mobile phone atau laptop) memiliki kemampuan untuk saling terhubung dan membentuk jaringan di antara mereka. Jaringan yang dibangun atas hubungan yang terjadi antara sesama perangkat mobile inilah yang akhirnya disebut dengan Mobile Ad Hoc Network (MANET).

Dalam jaringan ini, setiap perangkat haruslah bebas bergerak kemanapun, karena inilah salah satu keunggulan yang ditonjolkan dalam MANET. Jika ini tidak tercapai, maka jaringan tersebut sama halnya dengan jaringan LAN biasa yang dibangun dari beberapa komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Lalu, dikarenakan adanya kebebasan setiap perangkat mobile untuk bergerak kemana saja, maka diperlukan pemeliharaan koneksi antar perangkat guna menjamin ketersediaan perangkat setiap saat. Saat perangkat mobile bergerak, maka perangkat tersebut akan sering berpindah-pindah koneksi ke perangkat lain. Masing-masing akan meneruskan aliran koneksi yang tidak berhubungan dengan keperluan perangkat tersebut, oleh karena itu kadang-kadang perangkat mobile tertentu akan berperan sebagai router untuk paket aliran data milik perangkat lain. Karena itu, keunggulan MANET ialah tidak memerlukan infrastruktur dan atau server sebagai sentral administrasi jaringan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: