QoS : Perumpamaan

Quality of Service (QoS) merupakan mekanisme untuk memungkinkan aplikasi-aplikasi yang beroperasi menggunakan jaringan dapat berjalan dengan baik atau sesuai dengan harapan.

Jika dijelaskan dengan defenisi seperti ini saja mungkin akan terasa kurang lengkap untuk menjelaskan tentang QoS. Untuk itu perlu dijelaskan dengan sebuah perumpamaan yang mudah dibayangkan.

 
 

Perumpamaan

Jika jaringan komputer dibayangkan sebagai sebuah jalur lalu lintas di sebuah kota besar. Sudah tentu akan terbayang bagaimana semerawutnya kendaraan-kendaraan yang lalu lalang di jalanan. Terlebih lagi jika jalan itu adalah jalan raya. Wooow…

Jika kita perhatikan baik-baik aliran lalu lintas kendaraan tersebut, sebenarnya ada sebuah mekanisme yang mengatur lalu lintas itu. Secara kasat mata kita melihat lalu lintas itu kacau. Akan tetapi sebenarnya adalah teratur dan ada aturannya.

Coba kita perhatikan, ada sebuah keteraturan disana. Ada jalur kiri ada jalur kanan. Ada tempat-tempat untuk berbailk arah, ada lampu lalu lintas, ada rambu-rambu. Ada daerah yang tidak bisa dilewati, dan lain sebagainya. Secara tidak kita sadari, sebenarnya keteraturan inilah yang membuat lalu lintas berjalan lancar, yaaa disamping terdapat beberapa kecelakaan yang terjadi di dalamnya.

Nah, bayangkan jika di jalan raya tidak ada keteraturan seperti itu. Apakah kita bisa menjamin kelancaran berlalu lintas? Saya membayangkan akan terjadi ketidakteraturan di jalan. Ini dikarenakan setiap kendaraan menggunakan jalur sesuka hatinya, jika ia ingin ke kanan, maka ia akan ke kanan. Begitu sebaliknya. Lalu jika terjadi kecelakaan, maka siapa yang harus disalahkan? Tidak ada, karena semua merasa benar. Tidak ada standarisasi atau kesepakatan harus menggunakan jalur mana.

Untuk itulah aturan lalu lintas tersebut dibuat dan disepakati.

Nah, kita kembali ke jaringan, jika dibandingkan ke jaringan komputer, apakah ada aturan yang mengatur aliran data-data tersebut? Tentu ada. Salah satunya adalah QoS.

Bisa dibilang QoS adalah manajemen lalu lintas di jaringan, biasanya terintegrasi pada perangkat keras seperti Router, Switch, dll.

Lalu apa yang dilakukan QoS?

Ada tipe QoS yang memberikan service atau layanan prioritas paket data. Maksudnya, setiap data diberikan tingkat prioritas untuk diutamakan. Ada juga memberikan layanan bandwidth yang luas. Itu tergantung tipe QoS dan paket datanya. Tingkat prioritas data streaming tentu lebih tinggi daripada data instant messenger.

Diumpamakan sebuah ambulance dan mobil pribadi, tentu tingkat prioritas mobil ambulance akan lebih di utamakan daripada mobil pribadi.

 
 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: