Hello Programmer, Welcome to the World

“Hello world”
Itulah kata paling sakti di dunia programmer. Programmer mana yang gak tau kata di atas? Mulai programmer kelas kere, sampai programmer kelas BMW paham betul dengan kata sakti itu. Kata sakti itu adalah kata-kata yang dijadikan teks uji coba untuk keberhasilan dibuatnya sebuah program oleh orang-orang yang memulai ‘karir’ nya di dunia programmer.

Setiap programmer pasti punya kenangan ‘manis’ dengan kata2 sakti tersebut.

Bagaimana tidak? Kata2 inilah yang membuat seseorang resmi telah membuat program perdananya dalam perjalanan ‘karir’ sebagai programmer.

Jika masih ada yang bingung dengan ilustrasi saya di atas, saya akan mengutip sedikit pernyataan salah seorang dosen saya, beliau berkata, “Program paling susah itu adalah program Hello world.”

Lho??? Mengapa???

Lantas beliau menjelaskan bagaimana perjuangan beliau pertama kali membuat program hello world. Untuk memulai membuat program pertama kali, tentu yang kita lakukan membeli buku tentang membuat program. Setelah itu membacanya, ternyata disana disuruh untuk menginstal aplikasi untuk tertentu agar bisa menulis program, trus di baca lagi, ternyata disuruh lagi menginstal aplikasi compiler. Setelah semua aplikasi diinstal, mulai lah mengetik koding, eee ternyata kurang titik, kurang koma, kelebihan spasi. Dites kodingnya, muncul error, baca lagi bukunya, gak ketemu solusinya dibuku, tanya2 ke orang laen, ternyata pake huruf besar, atau kurang tanda sama dengannya. Dites lagi akhirnya berhasil juga jalan program perdana yang disebut Hello world.

Setelah jadi program hello world, maka resmilah kita menjadi seorang programmer. Barulah muncul program kita yang kedua yang disebut program luas persegi. Setelah itu luas lingkaran, if, for, while dan lain-lain.
The Welcome World not The Real World

Tapi, coba anda ingat2 apa yang anda lakukan selama masa belajar program tersebut, adakah anda membuat sebuah program menghitung luas segitiga? Atau program Anak Ayam? Atau menghitung faktorial??

Jika ada, pertanyaan saya selanjutnya adalah, apakah program itu pernah digunakan orang?

Saya rasa program2 seperti itu gak pernah digunakan orang, mereka lebih baik menggunakan program Microsoft Excel untuk menghitung rumus2 sederhana tersebut.

Ya, dengan berhasilnya kita membuat sebuah program hello world, bukan berarti kita bisa membuat sebuah program yang benar-benar program, karena kita masih berada di ‘Welcome World’ bukan ‘Real World’. Yang kita kerjakan hanyalah sekedar belajar mendalami dasar2 pemrograman, membiasakan diri dengan algoritma-algoritma dasar di pemrograman. Yang kita pelajari adalah bagaimana menyelesaikan sebuah permasalahan sederhana dan dituangkan ke bahasa pemrograman.
Hello Programmer, Welcome to the World

Tahukah anda program bernama NotePad?? Ya, anda bisa mengakses program ini di Windows. NotePad adalah sebuah program Text Editor, yang biasa digunakan oleh programmer ‘lawas’ untuk membuat sebuah program. Tapi, NotePad juga sebuah program yang dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu. Disana ada menu File, Edit dan lain-lain. Disana kita bisa membuat sebuah file teks. Sekali lagi perlu saya ingatkan, NotePad adalah sebuah program yang juga dibuat oleh programmer. Apakah cukup dengan belajar membuat hello world, program menghitung luas segitiga, program anak ayam, kita bisa membuat program seperti NotePad?? Bagaimana dengan program Micorosft Word, Microsoft Excel dan program2 lainnya??

Jadi coba pikirkan lagi. Kita butuh menulis bukan hanya puluhan baris kode, atau ratusan. Kita butuh menulis ribuan bahkan puluhan ribu baris kode untuk menghasilkan program yang benar-benar program.

So, Hello Programmer, Welcome to the World!

    • Eko Budi Setiawan
    • August 27th, 2011

    pertamax !

  1. disini gk jual pertamax bos, hkhk

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: